Faktor Yang Berpengaruh Pada Suara Burung

Komoditas burung masih menjadi primadona terlebih burung dengan suara yang merdu. Semakin merdu suara burung akan semakin mahal harganya. Tentunya hal ini menggiurkan untuk melakukan bisnis jual beli burung, ataupun mengikuti perlombaan kicau burung.

3 Faktor Utama

Burung akan dikatakan memiliki suara yang merdu jika bisa memenuhi beberapa kriteria. Misalnya suara yang lantang atau keras, berirama atau kriteria lainnya. Apabila burung dengan kriteria tersebut diikutkan lomba, akan mendapat poin di mata juri.

Ternyata ada beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas suara burung. Faktor-faktor yang mempengaruhi ada yang dapat diperbaiki atau diubah namun ada pula yang memang sudah bawaan sejak lahir.

Faktor-faktor tersebut adalah :

  • Faktor Keturunan

Tidak hanya bentuk tubuh yang terpengaruh oleh faktor keturunan, suara pun sama. Sering kali kita hanya menyangka jika bentuk fisik seperti panjang dan kelebihan atau kekurangan yang bisa diturunkan pada keturunan burung, ternyata suara pun memiliki nasib yang sama.

Ada beberapa kasus di mana burung yang merdu memiliki indukan yang sama merdunya. Hal ini tentu menjadi hal positif. Jadi, burung tersebut hanya perlu dilatih untuk memaksimalkan suaranya.

  • Faktor treatment

Perawatan atau pelatihan yang kurang tepat atau kurang konsisten menyebabkan burung kurang maksimal dalam bersuara. Pelatihan yang teratur dan benar akan menstimulasi burung untuk berkicau dengan merdu.

Selain itu, bagaimana burung dirawat juga berpengaruh. Tempat dan cara perawatan akan mempengaruhi si burung dalam menghasilkan suara.

  • Faktor karakter

Karakter bisa berarti sifat atau perwatakan burung yang menjadi kebiasaan. Sama halnya dengan makhluk hidup lainnya, burung pun memiliki kebiasaan yang berbeda-beda antara burung satu dengan burung yang lainnya.

Sebagai contoh adalah burung liar yang terbiasa hidup di alam bebas memiliki karakter suara yang lebih keras dibandingkan burung yang jinak. Karakter keduanya yang berbeda pun menghasilkan suara yang berbeda pula.

Ketiga faktor di atas adalah hal yang mempengaruhi kualitas suara burung. Nah, setelah mengetahui faktor-faktor apa saja, Anda bisa menganalisa bagaimana perawatan yang cocok untuk burung yang Anda miliki. Perawatan yang tepat akan menghasilkan suara yang merdu.

Leave a Reply