Keharusan UKG Dalam SIM PKB

Sistem informasi manajemen pengembangan keprofesian berkelanjutan atau SIM PKB sangat penting bagi para guru-guru di Indonesia. Hal ini bertujuan agar guru di Indonesia memiliki kemampuan dan akreditasi tinggi. Kualitas yang selalu dipertanyakan para orang tua wali murid membuat pemerintah berupaya untuk menjadi guru-guru yang berkualitas melalui uji kompetensi guru atau UKG. Meski semua guru diharuskan mengikuti hal tersebut, namun tidak serta merta seluruh guru bisa langsung melaksanakannya. Sebab terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh para guru agar bisa mengikuti pengembangan profesi itu.

Syarat Mengikuti UKG

Semua guru harus melakukan UKG dan terus melakukannya dengan catatan sebagai berikut;

  1. Memiliki NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan)

Untuk bisa login SIM PKB guru juga harus melakukan UKG dan memiliki NUPTK. Ini merupakan nomor induk bagi seorang guru atau tenaga pendidik lainnya yang memang harus dimiliki. Sehingga tidak hanya guru tetap (PNS) namun juga guru honorer harus memiliki NUPTK ini. Layaknya KTP, NUPTK terdiri dari 16 digit angka yang tidak akan pernah berubah meskipun pindah sekolah, berganti mata pelajaran yang diajarkan dan hal lainnya.

  1. Pindah sekolah tempatnya mengajar
  2. Berganti mata pelajaran yang diajarkan
  3. Guru yang menjadi kepala sekolah

Manfaat dilakukannya UKG bagi para guru dan tenaga pendidik lainnya adalah untuk memotivasi guru agar selalu berprestasi dan berkualitas dalam hal pemberian materi pelajaran. UKG layaknya UKK bagi siswa untuk mengukur tingkat kemampuan guru dalam mata pelajaran yang akan diajarkan. Dan hasil UKG bisa dijadikan standar kualitas seorang guru di hadapan siswa, orang tua wali siswa dan pihak pemerintah. Dengan demikian alangkah baiknya jika semua guru mengikuti UKG tersebut untuk menjaga kualitasnya.

Yang perlu diingat adalah guru yang ingin mengikuti UKG haruslah bergabung dengan komunitas yang dibentuk oleh pemerintah. Hal ini tentunya agar aktivitas dan keberadaan guru terpantau dan diketahui oleh pihak penilai. Dan benar adanya jika tidak masuk dalam komunitas dan login SIM PKB maka akan sulit bagi pihak pemerintah untuk memilik guru atau tenaga pendidik untuk mengikuti UKG.

Leave a Reply