Kini Jualan Online Tidak Perlu Modal Sama Sekali

Sudah banyak orang yang melakukan bisnis secara online karena prosesnya mudah dan tidak membutuhkan modal sewa tempat yang memakan banyak biaya. Selain itu, tidak pula menghabiskan waktu untuk memasarkan dagangannya. Bisa dilakukan kapan pun dan dimanapun selama ada jaringan internet. Biasanya, pelaku bisnis yang memanfaatkan media online sebagai pasar untuk berjualan akan membuat situs website atau blog pribadi untuk memasang iklannya. Seoptimal mungkin mereka akan membuat iklan agar tampilan promosi menjadi semakin menarik.

Cara Berjualan Online Tanpa Modal

Inilah hebatnya jualan online, bisa berjualan tanpa modal stok barang. Kalau sudah memiliki stok barang sendiri, tentunya transaksi jual beli sudah bisa dilakukan langsung seperti jual beli pada umumnya. Tapi di online, kamu bisa jualan walau tidak memiliki stok barang. Lalu bagaimana dengan jualannya kalau tidak punya stok barang? Begini jalurnya.

  • Pilih supplier yang terpercaya dan sudah punya brand kuat di jagad online. Jangan terpesona dengan supplier di online yang terlalu banyak memberikan janji.
  • Bedakan antara re-seller dengan dropship.

Kalau kamu memiliki modal yang cukup untuk membeli produk sebagai stok yang akan dijual kembali, maka disini kamu berperan sebagai re-seller. Disini kamu akan dengan leluasa mengatur harga penjualan dan stok sesuai dengan kemampuan modal. Sedangkan dropship bisa kamu lakukan bila sama sekali tidak memiliki modal untuk stok barang, tapi kamu tetap bisa menjual barang hanya dengan memajang foto/gambar produk di jejaring sosial media. Dalam dropship, harga yang ditawarkan ditentukan oleh kamu sendiri, tentu saja dengan ditambah selisih lebih dari harga supplier.

  • Lebih baik mengenali barang yang akan dijual terlebih dahulu sebelum mulai mempromosikan di media sosial. Terlebih apabila kamu sebagai dropshipper. Walaupun barang dikirim ke customer langsung oleh supplier, akan tetapi tanggung jawab customer tetap ada di tangan kamu. Karena pembayaran pertama dari customer, kamu yang terima, yang selanjutnya kamu transfer ke supplier sesuai dengan harga beli. Selisihnya itulah keuntungan yang kamu dapat.

Leave a Reply