Sejarah Industri Batang Toru Tapanuli Sumatera Selatan

Indonesia merupakan negara dengan kekayaan alam yang sangat melimpah. Kekayaan alam  Indonesia  tersimpan dalam daratan seperti hutan dan kekayaan lautan yang sangat luas. Pulau Sumatera menjadi salah satu pulau yang memiliki hutan yang cukup luas dan produktif. Batang Toru suatu daerah di Sumatera Utara yang memiliki kekayaan alam hutan yang melimpah.

Secara geografis, daerah ini terletak di sebuah Kecamatan yang berada di Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Daerah ini merupakan daerah dataran dengan ketinggian 900 – 1000 mdpl. Daerah ini memiliki kekayaan alam berupa pohon karet. Kekayaan alam ini sudah dikenal sejak zaman kolonial Belanda.

Pionir Perkembangan Industri di Tapanuli Selatan

Dalam pandangan sejarah, Batang Toru ini merupakan suatu daerah yang memiliki keunikan. Daerah ini terletak di antara jalur perdagangan kuno yaitu Angkola dan Barus. Para pedagang yang berasal dari Ceylon, India, Persia, Arab maupun Mesir sudah banyak pula yang melalui jalur ini. Mereka mulai berlayar di sungai yang berada dekat hutan daerah ini sejak abad ke-18.

Aliran sungai yang mengalir dilewati oleh para pedagang – pedagang kuno sebagai jalan untuk membeli berbagai komoditas di jalur Angkola dan Barus. Selain menjadi jalur perdagangan, daerah ini juga dimanfaatkan untuk dijadikan pusat industri perkebunan. Pada bulan Mei 1919 jumlah perusahaan perkebunan sudah mencapai angka sebanyak 30 buah perusahaan di Tapanuli Sumatera Utara. Sejak saat itu, daerah ini mulai dikenal sebagai daerah yang subur.

Perkembangan industri yang semakin pesat, menjadikan daerah di Tapanuli Selatan ini semakin luas untuk dikenal. Industrialisasi perkebunan teh yang ada dan semakin berkembang menyebabkan jumlah orang Eropa semakin banyak berdatangan dan tinggal di daerah ini. Batang Toru merupakan pionir dalam perkebunan karet  di mana sebelumnya perkebunan di sekitarnya sedang membudidayakan kopi dan tanaman ekspor lain. Perkebunan karet di daerah ini menjadi perkebunan karet tertua yang telah didirikan sejak 1908. Perusahaan – perusahaan yang berbasis di daerah ini juga merupakan perusahaan yang besar.

Leave a Reply