Sukses Hadapi Psikotes

Ujian psikotes biasanya kita jumpai dalam seleksi untuk mendapatkan kedudukan tertentu, seperti seleksi masuk kerja, seleksi masuk perguruan tinggi dan sebagainya. Untuk bisa sukses menjawab soal psikotes terdapat strategi tertentu untuk masing-masing soalnya. Sebelum kita simak beberapa tips sukses menghadapi psikotes terlebih dahulu kita pahami tujuan diadakannya psikotes.

Tujuan Psikotes

Secara bahasa psikotes berasal dari bahasa Inggris Physico yang artinya mental fisik dan kata test yang artinya ujian. Jadi, psikotes adalah tes yang digunakan untuk mengetahui kondisi psikologis seseorang. Kondisi psikologis seseorang perlu untuk diketahui karena kondisi psikologis akan mempengaruhi tingkah laku dan tindak tanduk seseorang.

Dalam melakukan ujian ini terdapat beberapa instrumen yang bisa diterjemahkan oleh ahli psikologi. Beberapa instrumennya mulai dari wawancara, menggambar dan mengerjakan soal psikotes.

Tips Sukses Psikotes

Meskipun psikotes merupakan tes yang dilakukan untuk mengetahui kondisi psikologis seseorang, tetapi dalam melalui tes tersebut terdapat beberapa hal yang bisa dipersiapkan agar sukses melalui psikotes.

  1. Persiapkan Diri Sebelum Mengikuti Psikotes

Sebaiknya Anda beristirahat dengan cukup sebelum mengikuti ujian psikotes, karena bagaimanapun juga kondisi fisik seseorang akan berpengaruh kepada kondisi psikis. Tidur cukup dan makanan yang sehat sangat dianjurkan

  1. Persiapan Materi Psikotes

Selain persiapan fisik, persiapan mengenai materi psikotes juga perlu untuk dilakukan. Anda bisa membeli buku kumpulan psikotes, atau bertanya kepada teman yang pernah mengikuti psikotes untuk menambah wawasan mengenai psikotes.

  1. Fokus Pada Saat Ujian Psikotes

Saat sedang melakukan psikotes terdapat beberapa instruksi yang akan diberikan oleh penguji ataupun oleh soal. Perhatikan dan pahami betul-betul setiap instruksinya agar jawaban yang Anda berikan sesuai dengan apa yang menjadi instruksi.

  1. Perhatikan Waktu Mengerjakan Soal

Perhatikan waktu mengerjakan soal, Anda juga perlu membagi waktu untuk masing-masing sub ujian. Jangan sampai terburu-buru dalam mengerjakan soal psikotes tetapi juga jangan sampai menyisakan waktu yang terlalu lama. Pastikan pembagian porsi waktu sesuai dengan jumlah waktu yang diberikan, karena manajemen waktu juga berpengaruh terhadap hasil tes.

Leave a Reply