Yuk, Kenali Beras Ketan untuk Kudapan

Jika Anda merupakan seorang penggemar kuliner Indonesia, maka beras ketan bukanlah hal baru bagi Anda. Ada banyak sekali makanan Indonesia yang menggunakan ketan sebagai bahan dasarnya. Sebut saja lemper, lupis dan wajik. Ketiga makanan tersebut memang sangat asyik jika dinikmati dengan segelas teh hangat. Walaupun kerap ditemukan di masyarakat, namun tidak banyak yang mengenali beras ini, bahkan banyak yang mengira bahwa beras ini serupa dengan beras dari padi. Wah, sepertinya perlu ada pencerahan untuk teman-teman yang belum mengetahui beras yang satu ini, nih! Kami akan memberi beberapa informasi seputar beras yang sangat banyak digunakan sebagai bahan dasar makanan khas Indonesia.

Kenali Ciri-Ciri Beras Ketan

Banyak yang menganggap bahwa beras ketan tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan beras putih yang biasa dimasak sebagai bahan dasar nasi. Dalam hal ini, Anda pun wajib memahami beberapa ciri-ciri beras ini yang bisa dikenali. Berikut ini beberapa ciri-ciri yang bisa membedakannya dari beras padi.

  1. Warna beras lebih putih dan keruh, tidak transparan seperti beras dari padi. Hal ini dikarenakan beras yang satu ini lebih pekat. Butirannya juga tampak lebih gemuk. Biasanya, di pasar beras ini disandingkan dengan beras dari padi. Anda bisa membandingkannya dengan beras yang berasal dari padi dan Anda pun akan menemukan beberapa perbedaannya.
  2. Beras yang satu ini juga memiliki tekstur lengket setelah dimasak. Anda bisa melihatnya di beberapa kuliner Indonesia seperti lemper dan lupis yang lengket satu sama lain. Hal inilah yang membedakannya dengan beras dari padi yang bisa terpisah satu sama lain ketika sudah dimasak.
  3. Asyiknya, ada beberapa jenis ketan yang bisa dimasak. Yang paling populer adalah ketan putih dan ketan hitam. Rasanya sama-sama lezat dan menggoda selera. Bisa dibuat sebagai camilan, bubur dan banyak ragam makanan lainnya, bahkan dibuat sebagai bahan cake.

Nah, itu tadi beberapa hal yang bisa Anda ketahui mengenai beras ketan. Banyak makanan yang dibuat dari bahan dasar beras ini, sehingga Anda pasti akan mudah menemukannya di banyak tempat. Tertarik memasaknya?

Leave a Reply