Idola Yang Menjadi Inspirasi Arif Rachmat Dalam Bisnis

Arif Rachmat Triputra merupakan salah satu dari beberapa orang yang beruntung mendapatkan penghargaan Most Admired CEO Indonesia 2017. Beliau merupakan CEO PT Triputra Agro Persada yang memilih bidang perkebunan kelapa sawit dan pengolahan CPO. Penghargaan yang didapat merupakan bukti keberhasilan Arif Rachmat dalam pengelolaan bisnis usahanya. Selain menggeluti usahanya, Arif juga cukup rutin dalam kegiatan sosial dengan bergabung pada yayasan GKI.

Peran Orang Tua Bagi Arif Rachmat Triputra

Arif Rachmat menuturkan jika keberhasilan yang didapatkan tidak terlepas dari peran orang tua yang telah mendidiknya. Beliau mengatakan jika kedua orang tuanya adalah sumber inspirasi. “Sedari kecil hingga anak-anak, ibu adalah panutan bagi saja. Setelah itu barulah ayah saya” itulah yang beliau ungkapkan ketika ditanya mengenai role model yang diikuti.

Jika mendengar nama ayah Arif Rachmat, maka para pebisnis lama sudah tidak akan asing. Beliau adalah Teddy Rachmat, mantan orang penting pada Astra selama puluhan tahun dan pendiri perusahaan Triputra Group yang bergerak pada banyak bidang seperti pertambangan, agrobisnis, dan manufaktur.

Arif Rachmat Triputra mengatakan jika Ayahnya pernah berpesan bahwa jika berbisnis harus mengutamakan bisnis daripada keluarga. Mungkin kata-kata ini terdengar cukup mengerikan, namun janganlah ditelan secara mentah. Maksud dari perkataan tersebut adalah banyak orang yang mengalami kebangkrutan dalam usaha ketika mementingkan pribadi ketimbang urusan bisnis.

Contoh dari mementingkan keuntungan sendiri antara lain adalah mengambil modal perusahaan untuk pembiayaan kepentingan pribadi ataupun memberikan jabatan tinggi kepada kerabat dalam perusahaan tanpa kompeten dasar. Arif Rachmat menegaskan jika perusahaan bukanlah sebuah hak, melainkan sebuah amanah atau kewajiban.

Ajaran dan didikan orang tua yang selalu diterapkan ini telah mengantarkan Arif Rachmat kepada keberhasilan. Namun walaupun sudah berkecukupan, arif tetap tidak lupa akan kewajibannya dalam membantu orang lain. Arif Rachmat Triputra selalu menyisihkan hasil jerih payahnya kepada orang yang membutuhkan dengan aktif melalui Yayasan Gerakan Kepedulian Indonesia. Arif Rakhmat berpendapat jika kerja keras yang dilakukan akan lebih terasa jika bermanfaat bagi banyak orang.

Leave a Reply