Peran Industri Kelapa Sawit dalam Perekonomian Negara

Perusahaan kelapa sawit merupakan salah satu perusahaan yang memiliki peran sangat besar di Indonesia, terutama dalam mengembangkan sektor pertanian. Ada cukup banyak perusahaan kelapa sawit, terutama di daerah Kalimantan dan Sulawesi. Salah satunya adalah pt triputra agro persada yang beroperasi sudah sejak lama dan memiliki peran sangat signifikan dalam perekonomian bangsa. Perlu diketahui bahwa perusahaan ini meningkat di tahun 2018 dan mampu menyejahterakan para pegawainya.

Perusahaan Kelapa Sawit Memberikan Keuntungan bagi Negara

Perlu diketahui bahwa perusahaan kelapa sawit di Indonesia memiliki beberapa peran yang begitu penting antara lain adalah sebagai berikut.

  • Sumber devisa negara

Negara yang melakukan ekspor kelapa sawit terbesar adalah Indonesia. Tidak heran jika industri ini menjadi sumber devisa yang besar bagi negara. Saat 2017, negara Indonesia berhasil mengekspor sejumlah 31 juta ton hasil panen kelapa sawit. Dari banyaknya ekspor tersebut, Indonesia mampu mencapai devisa sekitar Rp317 triliun, yakni sekitar 13% dari seluruh nilai ekspor Indonesia. Bahkan kontribusi industri kelapa sawit ini mengalahkan ekspor gas dan minyak.

  • Menyerap tenaga kerja

Dengan berdirinya pt triputra agro persada tentu memberikan peluang kerja yang lebih besar kepada masyarakat Indonesia, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Dengan lapangan kerja yang terbuka, di tahun 2016, sekitar 5,5 juta masyarakat mampu direkrut untuk bekerja di perusahaan industri kelapa sawit ini. Dengan demikian maka masyarakat akan bisa mendapatkan pekerjaan yang layak dan mampu memenuhi kebutuhan hidup mereka.

  • Pengeluaran negara lebih hemat

Dengan adanya industri kelapa sawit ini, maka pengeluaran negara dalam hal program keamanan energy akan lebih bisa dihemat. Karena pada dasarnya kelapa sawit ini bisa diolah menjadi biodiesel. Oleh karena itu maka pemerintah mampu meminimalisasi impor bahan bakar solar. Sementara untuk mengimpor solar tentu membutuhkan uang negara yang tidak sedikit. Pada 2016, pengeluaran mengenai impor solar bisa ditekan Rp14 triliun.

Itulah beberapa peran dari industri kelapa sawit yang beroperasi di Indonesia. Dengan berdirinya pt triputra agro persada maka akan memberikan keuntungan banyak bagi pemerintah maupun swasta. Selain itu, masyarakat juga akan mengalami peningkatan perekonomian. Tidak heran jika pemerintah selalu mendukung industri kelapa sawit ini.

Leave a Reply