Apa Yang Dimaksud Dengan Public Speaking?

Mungkin Anda sudah terbiasa dengan istilah public speaking atau yang lebih sering kita dengar dengan pidato. Pidato secara mudah dapat diartikan dengan berbicara di depan umum dengan tujuan dan maksud tertentu. Saat ini sudah banyak sekali pelatihan public speaking yang dapat diikuti, tidak hanya untuk kalangan siswa dan mahasiswa saja, tetapi juga untuk kalangan umum.

Pengertian Public Speaking

Public speaking pada dasarnya memiliki pengertian berbicara di depan khalayak umum atau orang banyak dengan materi tertentu. Tujuan dari public speaking sendiri ada bermacam-macam, seperti halnya pidato yang memiliki tujuan berbeda pada setiap acara yang diselenggarakan. Misalnya pidato yang memiliki materi tentang pendidikan pada saat upacara di sekolahan, pidato tentang hal yang menghibur pada saat acara-acara non formal seperti reuni.

Berbicara di depan banyak orang tentunya memerlukan keahlian dan kemampuan khusus. Hal ini dikarenakan tidak semua orang dapat melakukannya dengan baik. sebab, berbicara di depan khalayak umum pasti membutuhkan keberanian dan kepercayaan diri yang besar. Oleh karena itu, saat ini sudah banyak terdapat pelatihan public speaking yang dapat membantu Anda lebih siap dan percaya diri dalam berbicara di depan khalayak umum.

Sejarah Public Speaking

Kemampuan untuk melakukan public speaking atau berbicara di depan khalayak ramai sudah ada sejak Zaman Yunani Kuno. Dimana pada saat itu, sudah ada teknik untuk membujuk khalayak ramai untuk melakukan atau mengikuti sebuah perintah. Pada zaman Yunani Kuno kemampuan public speaking dikenal dengan sebutan retorika. Pada zaman tersebut, kemampuan untuk dapat berbicara di depan khalayak umum dan mempengaruhi orang banyak sudah diajarkan pada sekolah-sekolah formal.

Kemudian pada abad ke-20, kemampuan public speaking semakin berkembang di Eropa dan Amerika Serikat. Terutama pada saat Perang Dunia, para pemimpin harus mampu berpidato di depan para prajuritnya dalam memimpin pasukan. Mereka harus mampu membangkitkan semangat para pasukan untuk berperang. Tidak hanya dilakukan secara langsung, pelatihan public speaking pada saat itu juga dilakukan melalui alat-alat elektronik. Hal tersebut membuktikan bahwa kemampuan public speaking sudah menjadi hal yang penting sejak dulu kala.

Leave a Reply