Cara Efektif Atasi HP Yang Masuk Ke Air

HP atau smartphone adalah salah satu benda yang paling sering di bawa kemana saja oleh Kita. Dari hal itulah yang kemudian banyak kasus dimana HP rusak karena masuk ke dalam air. Padahal HP adalah benda elektronik yang bisa dengan mudah rusak apalagi jika terkena air.

Lalu apa solusi mudah untuk mengatasi HP yang masuk ke dalam air. Tentunya banyak kejadian dimana HP masuk ke kolam renang, kehujanan atau terkena tumpahan air minum. Ada cara mudah yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah untuk pertolongan pertama pada HP Anda yang mengalami kerusakan karena masuk ke dalam air.

Beberapa Cara Mudah Pertolongan Pertama Untuk HP Yang Masuk Ke Dalam Air

Jika HP Anda secara tak sengaja masuk ke bak mandi atau kolam renang maka sebaiknya Anda berusaha untuk langsung mengambilnya untuk menyelamatkannya dengan segera. Dengan begitu maka HP Anda tak akan mengalami basah yang terlalu parah. Selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah beberapa hal yang akan di bahas berikut ini.

  • Lepas semua komponen

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan melepaskan semua komponen HP agar supaya air tak menyebar ke seluruh bagian. Selain itu dengan melepas semua komponen HP maka air akan lebih mudah keluar dan mengering. Pastikan untuk mengeluarkan SIM card dan kartu memori untuk menyelamatkan data yang Anda miliki.

  • Keringkan dengan lap

Kemudian setelah Anda melepas semua komponen HP selanjutnya Anda bisa mengeringkan semua bagian HP dengan menggunakan lap bersih yang bisa menyerap air dengan cepat dan maksimal. Pastikan untuk menjaga HP dengan baik dengan tidak menggoyangkannya terlalu keras. Menggoyangkan terlalu keras justru akan membuat air semakin meluas dan menyebar ke bagian lainnya.

  • Rendam dalam beras

Dan setelah Anda mengeringkannya dengan lap lalu ambil wadah kedap udara. Setelah itu Anda bisa mengisinya dengan beras. Rendam HP yang basah ke dalam beras. Usahakan untuk menutup lubang atau port dengan selotip yang ada agar tak kemasukan beras. Rendam dengan posisi semua komponen terpisah sekitar satu atau dua hari.

Setelah Anda merendamnya dengan waktu sesuai yang di anjurkan maka Anda bisa mengambil HP Anda. Lihat apakah layar HP masih berembun atau tidak. Jika tidak langsung isi daya baterai HP. Isi hingga penuh. Setelah penuh baru kemudian Anda coba untuk menyalakan HP milik Anda. Jika menyala maka langsung cek fungsi berbagai fitur yang ada di dalamnya. Namun jika tak menyala maka sebaiknya Anda ganti baterai HP karena mungkin saja HP tak menyala karena faktor baterai yang rusak. Demikian informasi singkat untuk pertolongan pertama HP yang masuk ke dalam air. Semoga bisa membantu Anda.

Leave a Reply