Tips Memperbaiki Kartu SD Tidak Terbaca

Setiap ponsel yang canggih pasti memiliki kartu memori atau kartu SD. Pada dasarnya disebut sebagai memori eksternal yang bisa digunakan untuk menyimpan file-file seperti foto, lagu dan video. Meskipun pada setiap ponsel memiliki memori internal, akan tetapi para pengguna tetap masih membutuhkan memori eksternal tambahan. Karena banyak sekali file yang harus disimpan dalam ponsel sehingga bisa dibuka kapan pun dan di mana pun sesuai dengan kebutuhan. Namun salah satu masalah yang sering terjadi adalah kerusakan memori. Untuk itu maka perlu mengetahui cara memperbaiki kartu memori yang rusak sehingga dapat digunakan kembali.

Cara Efektif Mengatasi Kartu Memori Tidak Terdeteksi

Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki memory card yang sudah rusak. Cara pertama adalah dengan format kartu memori. Hal ini bisa dilakukan pada smartphone Android dengan cara yang sangat mudah. Mulailah masuk pada menu setting, kemudian storage. Setelah memilih menu save tersebut maka akan muncul sub berubah pilihan Erase SD Card. Apabila memory card sudah dihapus maka bisa digunakan untuk Penyimpanan file lainnya.

Cara kedua adalah dengan melakukan format menggunakan komputer. Apabila kartu memori bisa terbaca di komputer tapi tidak terbaca di smartphone maka lakukanlah langkah berikut ini. Mula-mula buatlah folder yang baru pada hardisk baru diberi nama sembarang saja. Tersebut akan menjadi tempat sementara untuk menyimpan file yang ada pada kartu memori. Selanjutnya copy lah isi dari memory card kemudian paste pada folder itu. Setelah itu format kartu memori.

Sebelum melakukan format memory card maka pastikanlah bahwasanya semua file sudah dipindah pada folder. Sebenarnya cara memperbaiki kartu memori yang rusak ini tidak membutuhkan waktu yang lama. Hanya memerlukan waktu beberapa saat saja untuk bisa memperbaikinya. Apalagi sistem pemformatan komputer bisa berjalan jauh lebih cepat.

Demikianlah cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kartu memori yang tidak terdeteksi atau tidak terbaca. Anda tidak perlu membeli kartu memori yang baru sehingga bisa lebih menghemat biaya. Ada cukup banyak penyebab mengapa kartu memori ini bisa mengalami kerusakan. Untuk itu maka sangat perlu mengetahui penyebab dari kerusakan kartu memori yang ada. Dengan demikian cara untuk mengatasinya pun jauh lebih mudah. Cek di dewailmu.id untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply