Keunggulan Panel Lantai Beton Ringan

Memiliki bangunan di tanah sempit kini tidak lagi jadi masalah karena perluasan secara vertikal bisa jadi pilihan. Untuk membuat bangunan tingkat Anda perlu mengedak atau membuat plat lantai di atas bangunan. Dak memiliki banyak jenis, namun yang paling praktis untuk digunakan adalah panel lantai. Panel lantai murah dan berkualitas bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko bangunan terdekat maupun online.

Panel Lantai Beton

Panel lantai beton adalah panel berbahan aerasi yang digunakan sebagai pengganti dak konvensional. Panel lantai yang memiliki ukuran panjang hingga 60 cm, tebal 20 cm dan lebar 60 cm ini dipasang di sisi atas rumah sebagai atap sekaligus lantai.

Panel lantai beton sudah ditemukan sejak tahun 1920 oleh arsitek Swedia, namun baru akhir-akhir ini mulai digunakan di bangunan rumah di Indonesia. Yang paling umum digunakan sebelum kemunculan panel lantai adalah dak konvensional dimana pengecoran dilakukan secara manual sehingga memakan waktu yang cukup lama dan lebih boros tenaga.

Kelebihan Panel Lantai

Panel lantai belakangan ini banyak diminati bukan tanpa sebab. Dibandingkan dengan ngedak konvensional maupun dengan material bondek, panel lantai memiliki sejumlah kelebihan antara lain sebagai berikut.

  1. Panel lantai murah dan bisa didapatkan dengan mudah

Harga panel lantai relatif terjangkau, terlebih lagi jika Anda membelinya di toko bangunan yang dekat dengan rumah Anda sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya tambahan seperti ongkos kirim.

  1. Menghemat komposisi beton

Komposisi beton seperti pasir, semen dan kerikil tidak banyak dibutuhkan untuk memasang panel lantai. Bahan beton hanya dibutuhkan pada proses grouting atau menyambungkan panel satu dengan yang lainnya. Dengan begitu Anda menghemat pengeluaran Anda untuk membeli bahan beton.

  1. Lebih praktis dalam pemasangan

Pemasangan panel lantai jauh lebih praktis jika dibandingkan dengan dak konvensional. Pasalnya panel lantai sudah memiliki tulang besi di dalamnya sehingga yang perlu dilakukan hanya meletakkannya di atas bangunan dan menempelkannya.

  1. Tidak membutuhkan bekisting

Berbeda dengan dak konvensional, panel lantai tidak membutuhkan bekisting karena beton sudah dicetak di pabrik sehingga ia siap untuk dipakai.

  1. Menghemat waktu pengerjaan bangunan

Pengerjaan bangunan dengan pengedakan konvensional bisa memakan waktu berhari-hari hingga berminggu-minggu karena melalui proses pengeringan beton yang cukup lama. Panel lantai tidak memerlukan proses ini karena sudah difabrikasi terlebih dahulu. Untuk mendapatkan panel lantai murah, Anda dapat membelinya di toko bangunan terdekat atau toko online.

Leave a Reply