Mengatasi Rasa Kantuk Saat Belajar dan Bekerja

Tubuh yang lelah karena telah melakukan banyak aktivitas seharian sering kali merasakan kantuk saat harus mengerjakan suatu pekerjaan. Bahkan, di siang hari, rasa kantuk juga sangat sulit untuk ditahan. Terlebih saat kita sedang melakukan kegiatan belajar, rasa kantuk sering kali menghampiri kita sehingga kegiatan belajar menjadi tidak fokus. Entah tubuh yang terlalu lelah, kurang tidur, atau memang karena bosan ketika sedang belajar, tubuh akan dihinggapi rasa kantuk. Untuk mendapatkan konsentrasi kembali, rasa kantuk harus segera diusir jauh.

Duduk tegak

Posisi duduk ternyata juga mempengaruhi rasa kantuk yang kita rasakan ketika melakukan suatu pekerjaan atau belajar. Posisi duduk yang bersandar akan membuat kita lebih cepat mengantuk karena rasa nyaman yang dirasakan saat duduk bersandar. Oleh karena itu, untuk menguranginya, kita harus duduk dengan benar secara tegak. Selain untuk menjaga bentuk tulang belakang, duduk bersandar terlalu lama juga tidak baik untuk tulang belakang.

Minum kopi atau teh hitam

Kopi mengandung banyak kafein yang akan membuat otak kita kembali bersemangat sehingga rasa kantuk akan hilang. Begitu pula dengan teh hitam yang memiliki tingkat kafein paling banyak dibanding jenis teh lainnya. Dengan mengonsumsi kafein, rasa kantuk akan hilang tergantikan dengan rasa semangat. Oleh karena itulah, kopi biasa menjadi teman begadang paling oke ketika harus mengerjakan tugas atau pekerjaan hingga larut malam.

Cuci muka dengan air dingin

Suasana belajar atau bekerja yang tenang dan sunyi biasanya membuat kita mengantuk. Kebosanan yang sering melanda saat sedang bekerja atau belajar juga sangat membuat kita bosan dengan yang kita lakukan hingga muncul rasa kantuk yang sangat. Jika tidak ada kopi, maka cuci muka menggunakan air dingin akan sangat menyegarkan dan menghilangkan rasa kantuk seketika.

Mendengarkan lagu kesukaan

Salah satu cara lainnya untuk mengusir rasa kantung saat bekerja dan belajar adalah dengan mendengarkan lagu kesukaan. Namun pastikan untuk tidak mendengarkan lagu dengan tempo pelan yang mendayu-dayu. Lagu seperti demikian hanya akan membuat kita semakin merasakan kantuk.

Leave a Reply