Pertolongan Pertama Pada Serangan Jantung

Serangan jantung merupakan sebuah penyakit atau serangan yang sifatnya sangat darurat, karena hal ini berhubungan dengan nyawa seseorang. Segera bawa ke dokter jantung untuk mendapatkan pertolongan yang baik dan benar. Akan tetapi terkadang serangan jantung terjadi tidak pada saat di rumah sakit atau terjadi dengan sangat tiba-tiba dimanapun berada. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengetahui cara yang benar ketika mendapati orang di sekitar Anda mengalaminya.

Aliran darah yang tidak bisa mencapai jantung menjadi hal yang terjadi jika ada kejadian tersebut. Jika aliran tersebut tidak bisa dikembalikan dengan benar, maka bagian dari otot jantung mulai mati. Pertama memang Anda harus bisa mengenali gejala serangan jantung, yang sering terjadi adalah nyeri pada dada, tidak nyamannya tubuh bagian atas, dan sesak nafas.

Panduan Menyelamatkan Penderita Serangan Jantung

Lalu jika terjadi gejala tersebut dan orang di sekitar Anda yang mengalaminya terkena serangan jantung, berikut ulasan tata cara yang benar dalam pertolongan pertama pada serangan jantung.

  1. Menghubungi Nomor Darurat Medis

Hal pertama yang paling aman memang langsung menghubungi pihak medis untuk mendapatkan pertolongan dari dokter jantung atau panduan untuk menyelamatkan nyawa dari pihak rumah sakit. Jangan pernah Anda mengabaikan atau mencoba untuk menahan gejala selama lebih dari 5 menit. Karena jantung bukan urusan yang sepele.

  1. Mengunyah dan Menelan Aspirin

Sebaiknya untuk selalu menyediakan aspirin untuk berjaga-jaga jika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi. Kunyah dan makanlah aspirin dan tunggu sampai pertolongan datang. Atau Anda bisa gunakan nitrogliserin jika tidak memiliki aspirin. Hal ini akan mencegah terjadinya efek selanjutnya pada serangan jantung.

  1. Lakukan CPR

Jika Anda bersama orang yang terkena serangan jantung dan dia tidak sadarkan diri, selagi menunggu datangnya bantuan medis lakukanlah pertolongan pertama CPR ini. Cara melakukannya adalah dengan menekan bagian dada sekitar 100 kali dalam semenit tepatnya pada bagian kiri dada orang tersebut yang mana pada posisi jantung berada. Pertolongan ini membantu jantung penderita memompa darah yang seharusnya masuk ke jantung. Jika dokter jantung sudah tiba, segera berikan kuasa padanya untuk merawat penderita.

Leave a Reply