Peluang Usaha Bagi Para Mahasiswa Rantau

Masa menjadi mahasiswa adalah masa di mana kita berlatih untuk hidup mandiri dan lebih dewasa. Khususnya bagi para pelajar yang berasal dari luar daerah atau biasa disebut mahasiswa rantau. Bagi mahasiswa rantau, tentunya membuka usaha atau bekerja sampingan adalah salah satu cara untuk bertahan hidup. Namun, membuka usaha sendiri sangatlah menguntungkan karena mempermudah dalam mengatur waktu belajar, kuliah dan bekerja.

Cerdas Dalam Berbagai Kondisi

Menjadi mahasiswa rantau menuntut kita untuk bertahan hidup dalam situasi apa pun. Tak jarang, banyak mahasiswa yang mengambil pekerjaan sampingan sebagai penjaga toko atau penjaga fotocopy untuk sekedar mendapatkan uang tambahan. Namun, sebenarnya dalam kondisi merantau pun kita dapat membuka usaha kecil-kecilan. Hal ini tentunya lebih menguntungkan karena kita dapat mengatur waktu kita sendiri. Nah, berikut adalah jenis peluang usaha yang bisa kalian manfaatkan saat menjadi mahasiswa rantau:

  • Berjualan

Berjualan makanan ringan, pulsa atau kebutuhan sehari-hari lainnya merupakan salah satu peluang usaha yang bisa dimanfaatkan oleh para mahasiswa rantau. Namun jika melakukan usaha ini, kita harus tetap mempertimbangkan waktu kita. Pilihlah beberapa usaha yang tidak menyita waktu kalian seperti berjualan pulsa, pakaian atau buku. Berjualan makanan memang berat bagi para mahasiswa rantau karena membutuhkan waktu dalam proses persiapannya. Jangan sampai berjualan menyita waktu kita karena tugas utama kita tetaplah belajar.

  • Membuka Usaha Jasa

Selain berjualan, membuka jasa pun juga bisa dilakukan untuk menambah uang saku bagi para mahasiswa rantau. Usaha tersebut meliputi kemampuan individu masing-masing seperti cukur rambut atau cuci motor. Namun, selain kemampuan individu, kita juga bisa memanfaatkan kemampuan akademik yang kita pelajari di kampus. Bagi mahasiswa pendidikan, usaha jasa mengajar les, menulis, atau menerjemahkan bisa jadi opsi tersendiri.

Berikut di atas merupakan usaha-usaha yang bisa dilakukan bagi para mahasiswa rantau. Jangan malu atau gengsi dalam membuka usaha apa pun karena pelajaran yang kalian dapat sebenarnya bukan berasal dari kampus saja. Namun, tetap utamakan tugas sebagai seorang mahasiswa dan jangan sampai menomor duakannya.

Leave a Reply